Cara menanam dan merawat berbagai macam pohon khusus untuk pemula

Foto : pinterest.com
Jika anda menyukai buah apel, mangga, anggur, atau bahkan ceri, anda mungkin memikirkan menanam dan merawat berbagai macam pohon buah di halaman belakang atau kebun anda.

Anda harus mencoba bagaimana rasanya memetik dan mengkonsumsi buah-buahan yang berada di kebun atau halaman rumah anda sendiri. Selain menghemat biaya untuk belanja, ada rasa kebanggan tersendiri karena anda bisa membangunkan biji yang telah lama tertidur.

Bukan hal yang mustahil bagi anda untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kebun kecil milik anda sendiri bukan ? Jika hasil panen melimpah anda bisa menjualnya sebagian, namun jika hasil panen sedikit, anda bisa memasak dan mengkonsumsinya bersama keluarga anda.

Baca tips berkebun untuk pemula

Cara menanam dan merawat pohon

Penanaman

  • Lakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengetahui jenis pohon yang cocok untuk tumbuh di daerah anda.
  • Pohon membutuhkan cahaya matahari, pastikan anda menanam di tempat yang terkena cahaya matahari.
  • Beberapa pohon membutuhkan penyerbukan kembar untuk menghasilkan buah yang maksimal. Ini sangat bervariasi, jadi pastikan anda bertanya terlebih dahulu apakah pohon anda membutuhkan penyerbukan atau bisa subur sendiri.
  • Jika anda membeli pohonnya (bukan bibitnya) tanam sesegera mungkin di kebun setelah sampai di rumah.
  • Gali lubang secukupnya kemudian isi dengan air, biarkan airnya menyerap terlebih dahulu ke dalam tanah untuk melembabkan tanahnya.
  • Masukan akar pohon ke lubang yang telah anda gali, kemudian tutupi dengan tanah lalu padatkan.
  • Buat tihang penyangga di sebelah pohon kemudian ikat pohon itu ke tihang penyangga tadi. Jangan terlalu kuat mengikatnya, pastikan saja pohonnya berdiri tegak. Jika dirasa pohon telah tumbuh dan bisa berdiri tegak sendiri, maka lepaskan tali yang telah diikat kepada pohon dan tihang penyangganya.
Penyiraman dan pemupukan
Foto : google.com
Siram pohon secara teratur dua hari sekali, atau jika cuaca sedang panas anda bisa menyiramnya sehari sekali.

Apabila tanah kekurangan nutrisi, maka sebaiknya anda memberi pupuk. Gunakan pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya saja jangan terlalu berlebihan.

Baca juga : Sayuran paling mudah tumbuh

Pengendalian hama dan penyakit
Foto : pinterest.com
Pencegahan dan deteksi dini adalah kunci untuk menjaga agar pohon anda tetap sehat. Begitu anda melihat hama pada pohon anda, segera pergi ke toko-toko tanaman terdekat, lalu belilah pestisida semprot.

Lalu ikuti petunjuk tentang cara pemakaian pestisida tersebut, ini adalah hal penting yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah hama pada pohon anda.

Pemangkasan
Foto : pinterest.com
Kebanyakan orang panik tentang semua aturan pemangkasan pada pohon. Jika kebun anda tidak terlalu besar, anda tidak perlu menanggapinya secara serius.

Gagasan di balik pemangkasan pohon adalah memelihara pohon yang terbentuk dengan baik, dan juga untuk menjaga agar pohon anda tetap sehat.

Setelah panen, ratakan kembali cabang pohon untuk menciptakan bentuk yang bagus. Lalu pangkas setiap persimpangan atau cabang pohon yang rusak.

Hal yang sama bisa dilakukan di akhir musim dingin, terutama jika anda memiliki musim dingin yang ekstrim. Di musim panen, begitu calon buah mulai bermunculan, perhatikan kebutuhan yang diperlukan oleh pohon anda agar mendapatkan hasil buah yang maksimal.

Ingat, jika anda tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam dan merawat pohon, ada banyak pilihan. Sebagian besar jenis pohon cocok untuk ditanam di pot atau wadah sekalipun.

Anda juga bisa menggunakan dinding rumah untuk menghemat tempat. Lakukan sedikit trik agar bisa menanam dan merawat pohon anda di dinding.

Source

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara menanam dan merawat berbagai macam pohon khusus untuk pemula"

Posting Komentar