8 sayuran yang paling mudah untuk tumbuh meski anda tidak tahu apapun tentang berkebun

Foto : pinterest.com
Membuat kebun di halaman rumah tentunya memberikan manfaat tersendiri bagi kita sebagai petani rumahan.

Selain lebih sehat karena tanaman tersebut kita yang merawatnya sendiri, dan yang pasti kita bisa menghemat uang belanja karena kita tidak perlu repot-repot membelinya di pasar.

Kita juga menyadari sepenuhnya apa yang telah terjadi pada sayuran di luar sana, banyak sayuran yang telah terkontaminasi oleh bahan kimia (meskipun tidak semua).

Maka dari itu, ketahuilan apa yang kita beli dan konsumsi.

Banyak orang mencoba menjadi petani rumahan, tapi sayangnya mereka berhenti di tengah jalan, karena mereka berpikir membuat kebun di halaman rumah pasti membutuhkan lahan yang luas dan membuat mereka ribet.

Membuat kebun di halaman rumah akan terasa lebih gampang jika kita menanam tanaman yang tepat.

Baca juga : Tips berkebun untuk pemula

1. Selada
Foto : pinterest.com
Ada banyak jenis selada yang bisa tumbuh. Anda bisa menumbuhkan daun selada yang sangat bagus untuk bahan campuran membuat salad.

Benih dapat ditemukan di toko-toko yang menjual bibit tanaman dan harganya sangat murah. Anda juga bisa membeli di tempat pembibitan lokal.

Selada adalah tanaman yang bisa tumbuh di cuaca yang sejuk, tapi selada juga bisa tumbuh di cuaca yang dingin, asalkan suhunya tidak kurang dari 45 derajat fahrenheit (7,2 derajat celcius).

Jika pada suatu saat suhu turun di bawah 45 derajat fahrenheit, cukup tutupi tanaman dengan plastik atau selembar karung, dan seharusnya semua baik-baik saja.

Waktu panen : 65-80 hari (tergantung dari tipe)

2. Bayam
Foto : pinterest.com
Bayam merupakan tanaman yang sangat mudah untuk tumbuh. Bentuk daunnya mirip dengan selada, hanya saja agak renggang. Anda perlu menanamnya di tanah yang memiliki drainase yang baik dan sudah ditaburi dengan pupuk kompos.

Bayam bisa ditanam di bawah sinar matahari penuh ataupun teduh, cara terbaik menanam bayam adalah dengan langsung menaburnya.

Saat anda menanam biji bayam, jangan lupa untuk menggemburkan tanahnya terlebih dahulu. Barulah seminggu kemudian anda bisa langsung menabur biji bayamnya. Jangan lupa juga untuk menyiangi tanaman pengganggu disekitar area lahan yang akan ditanami biji bayam.

Bayam bisa ditanam dicuaca yang dingin sekalipun, bayam bisa bertahan hingga suhu di bawah 15 derajat fahrenheit.

Waktu panen : 40-50 hari

3. Buncis
Foto : bibitbunga.com
Buncis adalah tanaman sederhana yang tumbuh dengan hasil panen sangat melimpah. Anda bisa langsung menaburnya di lahan atau bahkan di pot sekalipun.

Ada banyak jenis buncis, sehingga anda harus mencari jenis buncis apa yang akan anda tanam. Buatlah tihang penyangga disekitar tanaman buncis agar anda lebih mudah untuk mengontrol pertumbuhannya.

Untuk menanam buncis, anda perlu menanamnya di lahan atau di pot yang memiliki drainase yang baik dan mendapatkan sinar matahari yang memadai. Berikan pupuk kompos di atas tanah, maka anda langsung bisa menabur benih buncis di atas lapisan kompos tersebut.

Siram benih buncis secukupnya, jika anda merawatnya dengan baik, dalam beberapa minggu anda akan memiliki tanaman buncis yang tumbuh di lahan anda.

Waktu panen 55-65 hari

4. Mentimun
Foto : pinterest.com
Mentimun adalah tanaman sederhana lainnya yang bisa tumbuh dengan hasil panen sangat melimpah. Beberapa orang menyukai mentimun, sementara yang lainnya tidak.

Yang penting untuk diingat tentang mentimun adalah meskipun anda tidak menyukai mereka di atas salad, anda mungkin akan senang memasukannya ke dalam toples sebagai acar buatan sendiri.

Saat menanam mentimun, anda bisa menanamnya di kebun atau menanamnya di pot. Jika anda lebih memilih menanam mentimun di kebun, tanamlah ditempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Pastikan untuk memberikan pupuk kompos untuk tanaman mentimun anda.

Jika anda memutuskan untuk menanam mentimun dalam pot, anda bisa membeli benih mentimun yang dikhususkan untuk tumbuh di dalam pot.

Isi pot dengan tanah dan pupuk kompos lalu masukan satu benih mentimun kedalamnya. Satu pot untuk satu benih mentimun. Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang terkena cahaya matahari, lalu siram secara teratur.

Waktu panen 48-65 hari

5. Labu
Foto : pinterest.com
Labu adalah tanaman yang mudah tumbuh, anda bisa memilih dan membeli berbagai macam jenis labu di toko-toko penjual bibit.

Saat menanam labu pastikan menanamnya dengan memberikan campuran pupuk kompos dan memiliki drainase yang baik. Labu menikmati sinar matahari, sehingga menanamnya di bawah sinar matahari langsung adalah pilihan yang tepat.

Siram dan beri pupuk tanaman labu anda secara teratur, anda akan mengetahui labu anda siap dipanen ketika warnanya kuning.

Waktu panen : 48-65 hari

6. Sayuran akar: Lobak dan wortel
Foto : omkicau.com
Sayuran akar biasanya cukup mudah untuk tumbuh. Lobak dan wortel adalah yang termudah tumbuh dari jenis sayuran akar ini. Anda akan suka menanam sayuran ini karena sekali lagi, tanaman ini bisa langsung ditabur ke dalam tanah atau ditanam dalam pot.

Kunci untuk menanam sayuran akar yang sukses adalah menanamnya dengan memberikan jarak pada benih ketika ditabur di tanah, dan memberikan nutrisi yang cukup.

Jika anda ingin menanamnya di kebun, pastikan lahan yang akan ditanami sudah digemburkan dan dibersihkan terlebih dahulu. Jangan lupa memberi pupuk juga.

Benih lobak dan wortel harus segera ditaburkan. Begitu benih mulai berkecambah, segera lakukan penataan tempat agar kecambah memiliki ruang untuk tumbuh.

Jika anda mempunyai tanah liat, maka anda bisa mencampurkan lalu menggemburkannya dengan pupuk dan tanah kebun anda.

Jika mencampurkannya dengan baik, anda bisa menumbuhkan wortel dan lobak tersebut tanpa ada masalah.

Waktu panen 60-80 hari

7. Paprika
Foto : pinterest.com
Paprika adalah sayuran yang sangat beraroma dan sangat mudah untuk tumbuh.

Tanaman ini cocok untuk dibibitkan terlebih dahulu di rumah selama 4 sampai 6 minggu sebelum ditanam di kebun anda.

Paprika menyukai cahaya matahari, pastikan menanamnya setelah musim dingin telah berlalu.

Pastikan untuk menempatkannya di bawah cahaya matahari langsung dimana mereka akan mendapatkan sinar matahari paling banyak sepanjang hari.

Anda perlu menanamnya dengan jarak 4-6 inchi terpisah dengan drainase yang baik, jangan lupa memberi pupuk. Kemudian siram secara teratur dan bersihkan setiap tanaman pengganggu yang hidup di sekitar tanaman paprika anda.

Waktu panen 60-80 hari

8. Tomat
Foto : pinterest.com
Tomat adalah produk yang paling banyak dicari selama musim panas. Alasannya karena tidak ada perbandingan antara tomat yang dipetik di kebun sendiri dan tomat yang dibeli di pasar.

Hal yang paling menakjubkan adalah tomat sangat mudah untuk tumbuh.

Sama seperti paprika, dianjurkan agar diawali di dalam rumah 4-6 minggu sebelum ditanam di kebun anda. Jika tidak ingin membuat bibit sendiri, maka belilah di toko yang menjual berbagai macam bibit.

Ada berbagai macam jenis tomat yang bisa anda tanam, meskipun jenisnya berbeda tetapi cara menumbuhkannya tetap sama. Silahkan anda cari jenis tomat mana yang ingin anda tanam.

Setelah anda menemukan bibit yang akan anda tanam, taburkan bibit ke pot yang memiliki drainase baik, lalu tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari pagi.

Pastikan untuk menambahkan pupuk kompos di sekitar tanaman tomat anda, jangan lupa menyiramnya secara teratur juga.

Jika anda melihat tanaman tomat anda berubah kuning, mereka kekurangan nitrogen. Yang perlu anda lakukan adalah menambahkan beberapa kalium nitrat di sekitar tanaman tomat lalu menyiramnya.

Ini akan membantu menambahkan kembali nitrogen yang hilang.

Waktu panen : 60-100 hari

Apakah anda ingin menambahkan sayuran paling mudah tumbuh selain di atas ? Silahkan anda tulis di kolom komentar.

Source

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 sayuran yang paling mudah untuk tumbuh meski anda tidak tahu apapun tentang berkebun"

Posting Komentar